Minggu, 12 Agustus 2012

konsonan bahasa jepang


     Konsonan  /k/p/s/ dan /t/ yang d’tulis rangkap seperti dalam kata cikki (=deque), dilafalkan dengan sdikit panjang dengan sedikit tekanan sama dengan tasjid dalam bahasa arab pada kata abbada (=mengabadikan). Konsonan /b/d/k/m/n/ dan  /p/ dilafalkan sama dengan bahasa Indonesia. Kosonan  /g/h/n/s/t/ dan /z/ dilafalkan berubah menurut letak atau vocal yang mengikutinya. Konsonan /r/ dan /l/ sehingga tidak mengelantarkan seperti bhasa Indonesia.  bahasa jepang tidak mengenal huruf /l/.
     Konsonan /w/ dilafalkan sama seperti dalam kata wali, wakil. Konsonan /y/ dilafalkan sama seperti /y/dalam kata saya, kaya. konsonan /g/ pada awal kata dilafalkan seperti /g/ dalam kata gagu, gagah, gugup. Sebagai partikel /ga/, /g/ dilfalkan seperti /ng/ dalam bahasa Indonesia. Demikian pula jika /g/ berada di tengah atau akhir kata seperti pada kata :
Nagai (=panjang)  dilafalkan :  na-nga-i
Gogo (=sore)          dilafalkan : go-ngo
 Konsonan /h/ dilafalkan seperti dalam bahasa Indonesia, tetapi kadang-kadang dilafalkan /hs/ seperti pada kata ano hito (orang itu)  :  a-no-hsi-to. Di depan vocal /u/ dilafalkan mendekati /fu/ bukan hu /n/ merupakan konsonan tersendiri, apabila terletak di akhir kata dilafalkan /ng/ seperti pada kata :
San (= tuan/nyonya) dilafalkan : sang
Nihon (=jepang)         dilafalkan : ni-hong
Nanka (= apa)             dilafalkan nang-ka
Konsonan /s/ di depan vocal /a/u/e/o dilafalkan sama seperti dalam bahasa Indonesia, tetapi di depan vocal /i/ dilafalkan seperti /sh/ pada she dalam bahasa inggris. Oleh karena itu /si/ ditulis /shi/. konsonan /t/ di depan /a/e/o/ dilafalkan sma seperti dalam bahasa Indonesia. Di depan vocal /i/ dilafalkan seperti /c/ dalam bahasa  Indonesia seperti pada kata ciri, tetapi ditulis /chi/. D’depan vocal /u/ dilafalkan /tsu/ sama seperti huruf tsa dalam bahasa arab.
Konsonan /z/ di depan vocal a/u/e/o/ dilafalkan sama seperti  pada kata zamrud, zaman. Teatapi di depan vocal /i/ dilafalkan mendekati /ji/, karenanya /zi/ dalam kamus ini ditulis /ji/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar